Senin, 07 Mei 2012

Privasi Dalam SI

Kasus 1
Pada kasus ini menceritakan segelintir orang mampu mencuri data-data akun internet banking seorang user. Data-data yang mereka bobol terutama menyangkut nama dan password akun. Berdasarkan prinsip sistem keamanan informasi yaitu privacy/conveniently, integrity, authentication, availability, dan non-repudition maka dari kasus diatas dapat digolongkan sebagai kasus yang menyangkut masalah pelanggaran prinsip privacy/conveniently. Dikatakan bahwa prinsip privacy/conveniently berbicara tentang adalah usaha untuk menjagainformasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Kasus diatas telah melanggar prinsip keamanan sistem informasi karena seseorang yang tidak berhak mengakses akun internet banking seseorang, namun mampu mengakses ke akun orang lain, mengambil data priadi dan memanfaatkan untuk tujuan tertentu.

Kasus 2
Pada kasus ini menceritakan aspek keamanan informasi sebenarnya lebih menunjukkan sebuah sikap sebuah website yang bersinggungan langsung dengan E-commerce. Sikap sebuah situs yang begitu mem-protect keamanan akses sebuah akun pribadi. Bila terdapat transaksi mencurigakan maka ketersediaan akun menjadi Limited Access, keadaan ini menyangkut aspek keamanan tentangavailability, yaitu ketersediaan akses yang terbatas atau tidak sama sekali. Sekalipun ini membuat tidak nyaman pihak user pengguna namun dari segi menjamin keamanan informasi transaksi perlu diapresiasi.

Kesimpulan
Pada kedua kasus yang dipaparkan telah menyinggung aspek keamanan sistem informasi. Untuk kasus yang pertama tentang pencurian data-data akun personal pengguna internat banking, sangat besar kaitannya dengan aspek privacy, pihak bank yang menyediakan layanan internet banking memiliki celah yang bagi beberapa pihak akhirnya dapat ditembus untuk dimanfaatkan. Pada kasus kedua yang ditekankan merupakan penjagaan keamanan dari situs www.paypal.com. Sekalipun ada beberapa user yang terganggu dan merasa tidak nyaman dengan tindakan yang diambil oleh pengelola paypal demi menjaga keamanan transaksi dan data-data user pengguan paypal. Keamanan sistem informasi dewasa ini sangatlah penting mengingat bila terdapat celah dan kesempatan bukan tidak mungkin akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar