Minggu, 13 Februari 2011

Implementasi Jaringan Komputer Dalam Dunia Bisnis, Perbankan, Mobile User, dan Home User

A. Bisnis :
Pada zaman seperti sekarang ini, sudah banyak sekali yang menggunakan dan menerapkan pemakaian jaringan komputer untuk melakukan bisnis, baik itu dari perusahaan, maupun individual, untuk melakukan sebuah bisnis biasanya banyak dilakukan melalui sebuah website, atau juga seperti sekarang ini yang sudah kita kenal sebuah jaringan sosial salah satunya facebook. Selain tempat untuk mencari banyak teman, melalui situs jejaringan ini sudah banyak sekali orang-orang yang melakukan kegiatan bisnis didalamnya, yang sering kita sebut dengan Bisnis Online. Melalui jaringan ini kita dapat melakukan sebuah pemesanan maupun transaksi yang dapat memudahkan kita, bukan hanya itu saja tetapi juga dapat menghemat waktu kita, maupun biaya, kenapa tidak ? Karena dengan adanya media seperti ini kita tidak perlu khawatir lagi untuk mendatangi lokasi tempat yang akan kita kunjungi. Dengan adanya dunia bisnis seperti ini kita dapat melakukan kegiatan pembelian barang dengan jarak yang berjauhan. seperti kita lihat pada perusahaan, manfaat yang dapat dirasakan dimana proses transaksi yang terintegrasi dengan baik dan mempercepat pendistribusian data, informasi untuk pengambilan keputusan, perlindungan keamanan data dan informasi ini lebih terjamin. seperti halnya penjualan barang secara online (kaskus) Memungkinkan berbagi resources (Server, software, CDROM, Printer). Pada Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan teleconference) Sedangkan pada Aplikasi home user, memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video).

jaringan computer sangat berguna dalam menyampaikan informasi dari banyak sumber. Sekarang perusahaan telah beralih dari sistem tradisional ke distributed client/server. Dunia bisnis sekarang mencari cara untuk memperoleh alternative jaringan computer yang memenuhi 4 syarat utama yaitu : aman, powerfull, mudah digunakan, dan hemat, berdasarkan syarat-syarat tersebut para pakar mendefinisikan sebuah set teknologi baru yang menggantikan client/server menjadi model network-centric computing menggunakan teknologi internet menjadi dasar strategi banyak perusahaan. Dengan keberadaan internet saat ini perusahaan dapat mengakses informasi secara global, cepat dan efisien. adanya Jaringan Komputer teramat sangat membantu,karena dunia perbisnisan akan terasa mudah dan lebih efisien. Contoh pengimplementasian jaringan komputer pada bidang ini :
1. Toko Online, Sekarang Sudah Tidak usah kita Kita membeli perlengkapan ke toko atau ketempat jualannya. Sekarang udah ada toko Online untuk membelinya.
2. Dapat terhubungnya beberapa cabang perusahaan yang berada di tempat(daerah/regional yang berbeda.
3. Adanya Pusat Data(Data Center) yang meringankan para Para perusahaan yang mempunyai banyak cabang untuk menginput datanya ke Pusat dengan cepat dan flexible.

B. Perbankan :

Kalau kita mendengar kata perbankan, yang terpikir dalam benak kita pastilah sebuah Automatic Teller Machine atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan ATM. Di dalam dunia perbankan juga menggunakan jaringan komputer yang sering digunakan sebagai media tempat penyimpanan data. Pada zaman sekarang ini dunia perbankan juga telah memiliki sebuah mesin ATM yang sangat berfungsi bagi kita semua. Dengan adanya mesin ATM kita dapat melakukan berbagai banyak hal mulai dari pengecekkan saldo, pengambilan uang, hingga melakukan transaksi, dan lainnya. Sehingga dapat mempermudah dan membantu kita dalam melakukan barbagai banyak hal, apalagi sebuah mesin ATM sekarang sudah sangat mudah sekali untuk kita jumpai. Perkembangan teknologi informasi itu telah mengubah strategi bisnisnya dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari delivery channel pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi oleh teknologi. Contohnya adalah ATM (Automatic Teller Machine). Kita tidak perlu datang ke Bank untuk mengambil uang tetapi hanya dengan ATM kita dapat mengambil uang yang kita inginkan dimana saja hanya dengan menggeseknya. Sebagian besar bank telah memanfaatkan jaringan computer yang digunakan untuk laporan data dari cabang ke pusat, transaksi ATM, website, transfer, atau pengambilan data. fasilitas tersebut memudahkan nasabah yang membutuhkan pelayanan yang optimal. Contohnya :
1. Adanya eBanking yaitu pemeriksaan jumlah saldo pada rekening atau bisa transfer ke rekening lain.
2. Penggunaan ATM (Automatic Teller Machine) dalam aktivitas perbankan.
3. Penggunaan Database di bank-bank.
4. Sinkronisasi data-data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.

C. Mobile User :

Seiring perkembangan zaman terbentuklah sebuah Jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel disebut juga dengan istilah jaringan wireless yang semakin banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Hal ini disebabkan karena kemudahan dari sistem wireless yang semakin mengurangi pengunaan teknologi kabel (wire) sebagai media untuk melalukan komunikasi data. dengan hanya menggunakan sebuah laptop / notebook atau bahkan sebuah handphone yang memiliki fasilitas koneksi wireless dan tidak diribetkan lagi dengan kabel yang berbelit belit, semua pengguna komputer atau user tersebut dapat melakukan aktivitasnya. Seperti: melakukan browsing ke internet, membaca atau mengirimkan e-mail ke rekan-rekan bisnis, melakukan teleconference, koneksi ke jaringan Instant Messenger milik Yahoo, MNS, Google, Jaber, dll. sistem komunikasi wireless-pun banyak dipasang pada fasilitas-fasilitas umum misalnya : hotel, café, mall, bandar udahara, kampus, dll. Fasilitas sistem komunikasi dengan media wireless tersebut dikenal dengan istilah hotspot. Pemakaian Jaringan komputer pada saat ini sudah banyak sekali kita temui salah satunya pada Mobile User. Dengan adanya Mobile User ini memudahkan kita untuk berkomunikasi walaupun dengan jarak yang berjauhan sekalipun. Mobile User ini tidak hanya digunakan sebagai media untuk saling berkomunikasi, tetapi juga seiring dengan berkembangnya waktu Mobile User sudah dapat kita gunakan sebagai media tempat pertukaran Gambar, Lagu, bahkan Video dengan menggunakan bantuan Bluetooth tetapi, bukan hanya itu saja bisa juga menggunakan bantuan pengiriman melalui MMS. Mobile User juga dapat kita gunakan untuk pengaksesan Internet, seperti mencari informasi melalui Google, bahkan yang sedang Familiar sekali dalam lingkungan sekarang ini situs jaringan sosial yaitu Facebook dan Twitter yang dapat langsung kita akses melalui Mobile User secara mudah. Pada dunia mobile, adanya jaringan komputer memperluas cakupan jaringan mobile, contohnya :
1. Penggunaan perangkat WiFii pada handset/handphone agar dapat melakukan Internet.
2. Adanya Video Call dan Video Streaming, Kita dapat Menelpon seseorang dengan Melihat muka si Penelpon dan Melihat Suatu Video baik secara live ataupun tidak dengan Buffering.
3. Pengaksesan email melalui handphone.

D. Home User :

Pada Jaringan komputer dapat juga diterapkan di rumah. Ketika membeli komputer hanya digunakan untuk pengolahan kata dan permainan. Tetapi dengan berkembangnya zaman, bahkan komputer di rumah rumah dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan modem, speedy dari telkomnet, dll. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Apalagi seperti zaman sekarang ini, komputer sangat dibutuhkan sekali demi mendukungnya sebuah aktifitas. Dengan adanya jaringan komputer dirumah-rumah, selain dapat mempermudahkan kita sebagai penggunanya baik itu dapat kita gunakan untuk mengerjakan tugas, membuat sebuah laporan, sebagai media belajar, dan lain sebagainya, juga dapat membuat waktu kita lebih efisien dan menghemat biaya. Ditambah lagi dengan adanya jaringan Internet yang dapat kita akses langsung dirumah. Kita tidak perlu lagi pergi ketempat seperti rental komputer maupun warnet untuk mengerjakan tugas,dan lain sebagainya. Dulu computer rumah jarang ada yang mengguanakan jaringan computer karena mahal biayanya sehingga kita sering ke warnet walaupun waktu itu per jamnya warnet masih mahal, Sekarang sebagian besar rumah pasti mempunyai jaringan computer untuk akses internet, dengan menggunakan modem, dial-up dan broadband kita sudah bisa menikmatinya. Contohnya : Internet, TV Cable, TV Digital, dll.

Nama : Nindiyah Puspitasari
NPM : 11108424
Kelas : 3KA12
Referensi:
http://komputeriptek2.blogspot.com
http://webcache.googleusercontent.com
Link:
http://gunadarma.ac.id
http://community.gunadarma.ac.id
http://library.gunadarma.ac.id
http://repository.gunadarma.ac.id
http://pasca.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar